Siemens Canada Luncurkan Lagi Program Sertifikasi Mekatronik

The Siemens Mechatronic System Certification Program (via siemens-certifications.com)

The Siemens Mechatronic System Certification Program (via siemens-certifications.com)

Memahami pentingnya ilmu mekatronik dengan kemajuan dunia industri, Siemens Kanada mulai menjalin kerjasama dengan dua institut di Kanada yaitu Seneca College dan Sheridan College di bidang mekatronik. Kerjasama ini terangkum dalam program yang disebut The Siemens Mechatronic Systems Certification Program yang mulai aktif sejak Februari 2015 lalu. Program ini merupakan program sertifikasi keterampilan industri yang ditawarkan oleh Siemens, bekerjasama dengan sekolah mitra di seluruh dunia.

Mekatronik merupakan ilmu yang menggabungkan ilmu-ilmu mekanik, elektronik, teori sistem dan kontrol, serta komputer. Ilmu ini sangat bermanfaat pada bidang produksi dan manufaktur untuk mengoptimalkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas produk. Mekatronik juga berhubungan erat dengan bidang-bidang teknis lainnya seperti teknologi otomatisasi, teknologi robotika, proses dan kontrol, pemeliharaan industri, dan juga teknologi elektro-mekanik.

Kiprah Siemens dalam mengadakan kerjasama dengan institusi pendidikan di bidang mekatronik sendiri sudah berlangsung sejak 25 tahun yang lalu. Program semacam ini pertama kali dilaksanakan di Berlin, Jerman. “Program semacam ini sangat penting bagi Siemens untuk menciptakan budaya belajar terus menerus,” kata Robert Hardt, Presiden dan CEO Siemens Kanada dalam upacara penandatanganan MOU dengan Seneca dan Sheridan. Lulusan dari program ini pun berkesempatan untuk dapat mengikuti ujian tambahan di bidang mekatronik yang sertifikasinya diakui secara global.

Di Kanada sendiri, Seneca dan Sheridan bukanlah institusi-institusi pertama yang digandeng oleh Siemens dalam program ini. Sejak tahun 2014, Siemens juga telah menggandeng Universitas Waterloo, McMaster University, Mohawk College, University of Alberta, dan Northern Alberta Institute of Technology (NAIT). Di Indonesia? Kita berharap semoga Siemens Indonesia mulai mengikuti jejak rekan-rekannya di dunia internasional untuk mulai menurunkan ilmu kepada para pelajar di Indonesia.