100 Tahun Yokogawa: Penuhi Tantangan Industri Mendukung IIoT

yokogawa

Dengan berakhirnya tahun 2015, maka telah genap 100 tahun eksistensi Yokogawa Electric Corp. di dunia industri. Tak diragukan, sebuah industri yang berhasil bertahan hingga satu abad tentu merupakan sebuah industri yang berhasil memenuhi kebutuhan bisnis di setiap era. Demikian pula, pada tahun ini, Yokogawa memusatkan perhatian untuk mendukung Industrial Internet of Things (IIoT) berbasis awan.

Langkah konkret Yokogawa tahun ini diawali dengan mengakuisisi Industrial Evolution bulan lalu, yang menyediakan Data-as-a-Service (DaaS) secara real-time. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan analisis, simulasi, dan membuat workflow di dalam sebuah private cloud. Selain itu, bulan ini, Yokogawa juga menelurkan sebuah unit bisnis baru yang disebut Industrial Knowledge. Unit bisnis ini akan mempenaruhi teknologi dari Industrial Evolution agar dapat menyediakan layanan pendukung dan monioring jarak jauh. Termasuk di dalamnya antara lain pendampingan start-up, pemenuhan obligasi bergaransi, dan panduan tata laksana industri. Dua gebrakan Yokogawa ini dinyatakan sudah siap diimplementasikan untuk industri yang menerapkan IIoT.

Yokogawa telah menyusun rencana untuk gebrakan-gebrakan lainnya di dunia industri. Setelah kedua langkah di atas, Yokogawa akan bersiap untuk berinvestasi di bidang riset dan pengembangan (R&D). Di saat industri lain memusatkan perkembangan di bidang gas dan minyak, eksekutif Yokogawa menyatakan bahwa Yokogawa akan melakukan ekspansi ke penawaran teknologi untuk sains kehidupan, pelayanan kesehatan, serta industri makanan dan minuman.