Bangun Pabrik di Maroko, Global Oil Shale Sokong Kebutuhan Semen Afrika Bagian Barat

global-oil-shaleGlobal Oil Shale, sebuah perusahaan energi terkemuka di Skandinavia, akan mendirikan pabrik semen senilai 3 miliar dirham Maroko ($296.5 juta) di Tarfaya, Maraoko. Pabrik ini terletak sekitar 1.200 km di selatan Rabat. Pabrik seluas 2.500 km2 ini akan terbentang di sebelah timur kota Tarfaya, di sepanjang pesisir Atlantik.

Perusahaan minyak serpih ini telah menandatangani perjanjian dengan Morocco’s National Office of Hydrocarbons and Mines (ONHYM), sebagai bentuk evaluasi dari deposit Timahdit dan Tarfaya. Kerja sama ini juga merupakan strategi untuk mengembangkan proyek minyak skala pasar di Maroko.

Proyek ini memang sempat dihentikan karena tinjauan ulang yang mengakbatkan perubahan rencana strategik. Tinjauan tersebut memperlihatkan peluang baru dalam produksi semen, khususnya terkait dengan permintaan konstan negara-negara di Afrika bagian barat.

Berdasarkan kapasitasnya, pabrik ini diprediksi akan memproduksi 1.6 juta ton semen per tahun. Jumlah ini setara dengan separuh produk semen yang dihasilkan Maroko sendiri setiap tahun. Lafarge, produsen semen terbesar di Maroko, menghasilkan 3 juta ton semen per tahun. Dengan demikian, pembangunan pabrik ini diharapkan dapat memberikan ragam pilihan semen di Maroko, dan meningkatkan ekspor semen Maroko ke negara-negara lain.

Sumber: plantautomation-technology.com

About the author

Penulis lepas dan editor buku yang menyukai teknologi dan matematika. Latar belakang dari bidang Teknik Elektro memberikan warna khas pada tulisan-tulisannya. | Instagram: @kirana.kirei