Hubungan Antara Teknik Kontrol dan Teknik Otomasi

Young stylish businessmanTeknik kontrol/kendali merupakan salah satu bidang yang banyak dipelajari di jurusan teknik elektro. Sejatinya, aplikasi teknik kendali mencakup berbagai bidang dari teknik (elektro, mesin, kimia, industri, dan sebagainya) hingga sosial. Walaupun demikian, teknik kendali banyak dikembangkan oleh insinyur elektro sehingga ilmu ini lebih banyak dikaji di jurusan teknik elektro.

Pada dasarnya, teknik kendali merupakan ilmu yang mempelajari kestabilan sistem. Teknik ini tidak mensyaratkan pengetahuan yang mendalam tentang sistem, selama diketahui masukan dan keluaran dari sistem. Dengan kedua parameter tersebut, sistem akan dapat dikendalikan menuju kondisi yang paling mendekati stabil.

Aplikasi teknik kendali salah satunya yaitu untuk teknik otomasi. Teknik otomasi merupakan teknik penggunaan mesin, teknik kendali, dan teknologi informasi untuk mencapai optimasi dalam produksi maupun pengiriman barang dan jasa. Teknik ini sesungguhnya sudah digagas sejak waktu yang sangat lama, meskipun pada awalnya tidak menyandang nama ‘otomasi’. Pada prinsipnya, teknik otomasi mengalihkan peran manusia kepada mesin dan teknologi.

Istilah otomasi sendiri mulai digunakan pertama kali oleh General Motors pada tahun 1974, yaitu dengan didirikannya sebuah divisi bernama automation department. Teknologi yang diterapkan saat itu untuk mencapai otomasi antara lain teknik listrik, mesin, hidrolik, dan pneumatik. Efeknya, produksi perusahaan meningkat hingga dua kali lipat sejak diterapkan teknik otomasi.

Walaupun demikian, teknik otomasi tidak lantas menjadi pilihan utama untuk setiap bidang industri. Teknik otomasi baru benar-benar diterapkan jika hasilnya memang terbukti lebih cepat dan lebih baik (secara kualitas maupun kuantitas) dibandingkan dengan penggunaan tenaga manusia. Selain itu, komponen biaya juga menjadi salah satu pertimbangan dalam industri.

Adapun, penggunaan teknik kontrol tidak selalu berarti penggunaan teknik otomasi. Teknik kontrol memiliki jangkauan kerja yang lebih luas dan lebih fleksibel. Penerapan teknik kontrol secara tepat hampir dipastikan akan memberikan hasil yang lebih baik, meskipun tidak selalu otomatis.

Dengan demikian, jelaslah bahwa teknik otomasi merupakan salah satu bidang yang dijangkau oleh teknik kontrol. Teknik otomasi mensyaratkan diterapkannya teknik kontrol. Adapun, teknik kontrol tidak selalu berarti menjadi teknik otomasi.