Mengenal SCADA, Perangkat Kontrol Industri Jarak Jauh

Master station SCADA

Master station SCADA

Supervisory Control and Data Acquition (SCADA) adalah salah satu sistem kontrol yang banyak digunakan di berbagai industri, terutama untuk industri listrik dan minyak. Pasalnya, SCADA memungkinkan operator untuk mengendalikan sistem dari jarak jauh. Untuk itu, SCADA memiliki tiga komponen utama, yaitu telesignaling, telemetering, dan telecontroling. Awalan tele- menunjukkan bahwa SCADA selalu dikaitkan dengan kemampuan operasi jarak jauh. Seluruh kondisi sistem dapat dipantau dari sebuah ruangan yang disebut dengan master station. Adapun, operator-operator di master station yang berwenang untuk mengambil tindakan kontrol disebut sebagai dispatcher.

1. Telesignaling
Fungsi telesignaling memungkinkan setiap sistem untuk memberikan sinyal atas kondisinya. Sebagai contoh, sistem yang berjalan baik akan memberikan sinyal LED menyala pada master station. Oleh karena itu, apabila LED mati, dispatcher dapat segera bertindak mengatur lalu lintas sistem agar seluruh proses industri dapat tetap berjalan dengan baik, tanpa terpengaruh oleh masalah pada titik tertentu.

2. Telemetering
Fungsi telemetering pada SCADA memungkinkan dispatcher untuk mengetahui nilai setiap pengukuran pada sistem. Dengan demikian, pengukuran yang tidak normal akan segera dapat dideteksi oleh pusat pengendali. Ketidakwajaran ukuran merupakan salah satu indikasi terjadinya masalah dalam sistem. Ketika hal tersebut terjadi, dengan fungsi telemetering, masalah pun dapat segera diatasi oleh dispatcher.

3. Telecontroling
Berdasarkan masukan dari fungsi telesignaling, telemetering, ataupun permintaan dan perintah khusus, sistem yang berjarak ratusan kilometer pun dapat dikendalikan oleh dispatcher di master station. Kemampuan kendali jarak jauh ini disebut sebagai fungsi telecontroling pada SCADA.

SCADA merupakan inovasi kendali dan pemantauan distribusi yang sangat berharga. Dengannya, segala masalah sistem dapat segera diantisipasi lantaran sistem SCADA yang bersifat real-time. Karena peran dispatcher yang vital, kerap kali master station SCADA dibangun dengan desain khusus untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana. Selain itu, ruang dispatcher pun dibuat kedap suara dan tertutup untuk umum. Beberapa industri yang vital untuk ketahanan negara, membangun ruang dispatcher di lokasi yang terpencil dan relatif sulit dijangkau manusia. Semua hal tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan dan konsentrasi para dispatcher dalam menunaikan tugasnya, sehingga sistem industri tetap dapat berjalan baik.