Persiapan Matang, Siemens Sukses Raih Sertifikasi TÜV SÜD

iec standar26 Agustus 2016, Siemens dinyatakan resmi memperoleh sertifikasi TÜV SÜD untuk proses interdisiplin dari pengembangan produk-produk penggerak (driver) dan automasinya. Sebagai perusahaan pertama yang memperoleh penghargaan ini, sertifikasi untuk Siemens diakui oleh tujuh situs pengembangan di Jerman.

Sertifikasi ini diberikan, didasarkan pada IEC standar 62443-4-1 tentang “Persyaratan Siklus Pengembangan Produk yang Aman”. Seri 62443 menunjukkan pengukuran keamanan untuk sistem automasi industri. Adapun, 4-1 menyatakan persyaratan-persyaratan dari proses pengembangan pabrikan. Standar ini meliputi persyaratan akan keamanan langsung. Misalnya, kemampuan dan keahlian, kemanan komponen pihak ketiga, jaminan proses dan kualitas, desain dan rancangan yang aman, juga penanganan persoalan seperti perbaruan (update) serta manajemen perubahan dan penampungan.

Sebagai pemasok perangkat lunak dan automasi untuk industri, Siemens – secara berkesinambungan – meningkatkan produk-produk dan solusi-solusinya. Peningkatan ini dilakukan dengan mengikuti standar keamanan industri, termasuk IEC 62443-4-1. Dengan prestasi ini, Siemens tengah mendokumentasikan pencapaian “Jaminan Keamanan yang Diperoleh dengan Sengaja”-nya untuk produk-produk automasi. Dengannya pula, Siemens memberikan integrator dan operator sebuah pengetahuan yang transparan ke dalam pengukuran keamanan IT, yaitu sebagai gambaran dan operasi dari proses serta sistem automasi tentang menggunakan tekonologi Siemens dan konsep perlindungan “Pertahanan Mendalam”.

Untuk memastikan perlindungan yang komprehensif bagi pabrik industri, baik dari serangan siber internal maupun eksternal, seluruh level harus dilindungi secara simultan – mulai dari level manajemen pabrik hingga ke level lapangan, dari kendali akses ke perlindungan salinan. Inilah mengapa pendekatan ke perlindungan komprehensif menawarkan perlindungan yang meliputi selurul level (Pertahanan Mendalam). Konsep ini dibuat dengan mengikuti rekomendasi ISA99/IEC 62443 – standar utama untuk keamanan di aplikasi industri.

About the author

Penulis lepas dan editor buku yang menyukai teknologi dan matematika. Latar belakang dari bidang Teknik Elektro memberikan warna khas pada tulisan-tulisannya. | Instagram: @kirana.kirei