RX Unit Pick Workcell, Robot yang Menjawab Tantangan Industri Farmasi

Yaskawa RX Unit Pick Workcell 2Berita gembira kini hadir untuk industri farmasi. Yaskawa Motoman telah memperkenalkan robot RX Unit Pick Workcell. Robot ini digadang-gadang sebagai robot farmasi yang sepenuhnya terotomasi. RX Unit Pick Workcell dinyatakan telah 100% teruji mampu menangani ribuan pengemasan obat yang berbeda.

Robot yang merupakan hasil kerja sama dengan Divisi Robotik Motoman Yaskawa Amerika ini, dapat memverifikasi Kode Obat Nasional (National Drug Code/NDC) dan menyiapkannya untuk memberikan label pasien secara otomatis.

Desainnya yang ringkas membuatnya dapat diintegrasikan ke dalam proses pemenuhan pesanan yang sudah ada, baik sebagai alat yang berdiri sendiri ataupun ditambahkan ke peralatan otomatis RXAS yang lain.

Tantangan yang dihadapi oleh industri farmasi yaitu tentang biaya pengiriman dan waktu untuk merespon. Kedua masalah ini senantiasa terjadi walaupun telah ditangani oleh pegawai yang telah ahli. Pasalnya, jumlah pemenuhan resep obat selalu meningkat dari waktu ke waktu.

RX Unit Workcell menangkap kebutuhan ini. Dia pun menyediakan sebuah jejak ringkas untuk operasi pemenuhan resep skala kecil, dan desain untuk fasilitas yang besar.

RX Unit Pick Workcell memanfaatkan Neocortex, mesin Universal untuk membuat penampakan 3D berdasarkan pembelajaran (learning-based 3D vision), untuk mengenali dan mengidentifikasi ribuan jenis obat yang berbeda, yang dikemas menggunakan botol, tabung, karton kecil, ataupun kontainer plastik dengan bentuk yang asing. Workcell akan membaca setiap NDC yang unik, melakukann orientasi terhadap item dan mengidentifikasi sebuah zona pelabelan yang aman, dan menempelkan label pasien.

About the author

Penulis lepas dan editor buku yang menyukai teknologi dan matematika. Latar belakang dari bidang Teknik Elektro memberikan warna khas pada tulisan-tulisannya. | Instagram: @kirana.kirei