Siemens Luncurkan Versi 7.4 untuk Simatic WinCC SCADA

Simatic WinCC 7.4 (Sumber: siemens.com)

Simatic WinCC 7.4 (Sumber: siemens.com)

SCADA merupakan salah satu aplikasi penting di berbagai industri untuk mendukung pelaksanaan teknik kontrol jarak jauh. Kali ini, Siemens meluncurkan versi 7.4 dari software SCADA-nya, yaitu Simatic WinCC SCADA. Siemens memfokuskan tingkat efisiensi dan keterbukaan pada versi ini. Simatic WinCC SCADA 7.4 dapat digunakan pada Windows 10 Professional dan Enterprise. Untuk operator kontrol dan monitoring berbasis web, Siemens memberikan software alternatif, yaitu WebUX.
Dengan kompatibilitasnya dengan HTML5, WebUX kini mendukung seluruh kontrol yang dapat dilakukan oleh WinCC. WebUX juga memungkinkan dinamisasi berbagai objek menggunakan berbagai script.

Untuk memperbesar keterbukaan, channel ke pengendali Simatic S7 kini diperluas dan telah diaktifkan. Selain itu, klien OPC UA standar telah diintegrasikan agar pertukaran data dapat dilakukan dengan mudah menggunakan sistem pihak ketiga. Untuk pertukaran data menggunakan sistem Manufacturing Execution System (MES) dan SAP, WinCC IndustrialDataBridge telah diperluas hingga mencakup antar muka berbasis file XML.

Adapun, berbagai perluasan fungsi lainnya meningkatkan efisiensi teknis dari Simantic WinCC versi 7.4. Di sini, pengguna dapat melakukan drag dan drop antara Configuration Studio dan Graphic Designer. Selanjutnya, software versi 7.4 ini dapat memroses data sangat besar dengan lebih baik mengguakan Visual Basic for Application (VBA). Kini pun tersedia runtime bar chart, kontrol trend dan bar-chart yang telah diperluas hingga mencapai multi-touch gesture control yang intuitif, serta zooming dan panning. Tersedia juga kendali diagnosis sistem untuk memperoleh diagnosis pengendali Simatic S7 yang efisien.