5 Istilah Teknik Kendali Ini Mungkin Terdengar Asing, Padahal Sering Diutak-Atik

Ketika seseorang berseru kepada Anda “Tolong tuliskan nisbah pindah sistem ini!”, mungkin Anda merasa bingung. Padahal, apa yang dikatakan kepada Anda merupakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ups, mungkin justru di situlah masalahnya. Generasi saat ini lebih banyak menggunakan referensi berbahasa Inggris sehingga kurang familiar dengan beragam padanan istilah teknik kendali dalam bahasa Indonesia. Jika demikian, cobalah untuk menengok buku-buku teknik kendali di masa lampau yang menggunakan bahasa Indonesia. Anda akan menemukan berbagai istilah khas bahasa Indonesia untuk istilah-istilah yang tidak asing lagi. Berikut inilah 5 di antaranya.

  1. Bagan kotak – Untuk menyederhanakan sistem, seorang insinyur kendali dituntut untuk dapat menggambarkan bagan kotak dari suatu sistem. Dari situlah, dapat ditentukan fungsi alih sistem dan dapat diusahakan pengaturan untuk mencapai sistem yang stabil. Dengan kata lain, bagan kotak merupakan padanan dari diagaram kotak atau diagram blok.
  2. Nisbah pindah – Inilah istilah lain dari transfer function. Dalam sebuah sistem, hal ini sangat penting diketahui sehingga kestabilan sistem dapat diatur. Selain nisbah pindah, istilah ini juga sering disebut fungsi alih atau fungsi pindah, yang terdengar lebih familiar bagi generasi muda.
  3. Bati – Istilah apa yang Anda pikirkan untuk mengetahui makna istilah ini? Sudah menyerah untuk menebak? Baiklah, bati merupakan terjemah dari istilah ‘gain‘. Bati atau penguatan yang merupakan perbandingan antara keluaran dengan masukan pada sebuah sistem. Istilah ini bisa jadi diambil dari bahasa Jawa, bati, yang berarti keuntungan/peningkatan.
  4. Kemantapan – Bingung dengan istilah ini? Padahal, inilah perhatian utama dari teknik kendali, yaitu mengusahakan kemantapan sistem. Mulai terdengar familiar? Benar, kemantapan merupakan padanan kata dari kestabilan atau stability. Jadi, ketika Anda diminta untuk membuat sistem yang mantap, maksudnya berarti adalah sistem yang stabil.
  5. Derau – Tidak ada sistem yang sempurna. Pada kenyataannya, sebuah sistem pasti memiliki masukan tambahan berupa derau yang akan mempengaruhi kemantapan sistem. Inilah derau, yang sering disebut sebagai gangguan atau noise.

Nah, sekarang kosakata teknik kendali Anda dalam bahasa Indonesia pun semakin bertambah. Istilah-istilah di atas akan sering Anda temukan ketika menelaah buku-buku teknik kendali berbahasa Indonesia, terutama yang telah diterbitkan di masa lampau.