5 Kutipan Inspiratif untuk Para Insinyur

Perkataan seseorang sering kali dapat memberikan inspirasi untuk orang lain. Perkataan tersebut lantas dikutip karena dapat memacu seseorang untuk terus berusaha dan berkarya. Di dunia teknik, 5 kutipan berikut dapat menjadi cambuk bagi insinyur untuk dapat terus produktif menghasilkan karya-karya inspiratif yang bermanfaat bagi banyak orang. 

#1
“Design is not how it looks like or feels like. Design is how it works.” 
– Steve Jobs, pendiri Apple –

Bagi para insinyur, kutipan ini sangatlah pas. Penampilan alat memang bisa membantu penjualan dan mempermudah pengguna untuk mengoperasikan alat. Namun, yang paling penting dari suatu desain adalah merancang bagaimana alat itu bisa bekerja untuk mencapai hasil yang diharapkan.

#2
“I have impressed with the urgency of doing. Knowing is not enough; we must apply. Being willing is not enough; we must do.” 
– Leonardo da Vinci, seniman dan ilmuwan –

Leonardo da Vinci bukan hanya dikagumi karena karya lukis dan pahatnya, tetapi juga ide-ide teknisnya yang brilian. Meski Leonardo sendiri belum berhasil merealisasikan semua idenya, ide-idenya telah menginspirasi banyak ilmuwan di seluruh dunia. Adapun, kutipan Leonardo yang satu ini rasanya memang tepat. Ilmu tidaklah jadi bermanfaat jika hanya untuk diketahui sajai. Ilmu dapat bermanfaat hanya jika disebarkan dan diamalkan.

#3
“Failure is the opportunity to begin again more intelligently.” 
– Henry Ford, pendiri Ford Motor Company –

Kutipan kalimat Henry Ford ini kira-kira mengajak kita untuk tidak pernah menyerah. Ketika gagal dalam melakukan sesuatu, jangan pernah malu untuk mencoba memulai lagi. Kali ini, cobalah mengulangi dengan cara yang lebih cerdas. 

#4
“Genius is one percent inspiration, ninety-nine percent perspiration.” 
– Thomas Alva Edison, inventor dan pendiri General Electric –

Selain dikenal karena bola pijar temuannya, Thomas Alva Edison juga dikenal karena memiliki 1.093 hak paten. Jumlah paten yang fantastis ini membuatnya ditanya tentang kejeniusan. Edison pun menyatakan bahwa jenius adalah seseorang yang memiliki inspirasi, lalu tak jemu bekerja keras mewujudkan inspirasinya. Tidak semua inspirasi bisa terwujud meski seseorang telah bekerja keras. Namun, hal tersebut dapat membawanya pada inspirasi dan kerja keras yang lain. Di sini, Edison menekankan bahwa inspirasi hanyalah memiliki porsi 1 persen dalam kejeniusan. Selebihnya, kerja keraslah yang membedakan antara sang jenius dengan kebanyakan orang.

#5
“At its heart, engineering is about using science to find creative practical solutions. It’s a noble profession.” 
– Ratu Elizabeth II, Ratu Kerajaan Inggris Raya –

Ucapan pemimpin Kerajaan Inggris Raya ini tentu saja sangat melambungkan hati para insinyur. Namun, memang benar pernyataan sang ratu bahwa dunia teknik adalah dunia di mana ilmu-ilmu sains digunakan untuk mendapatkan solusi praktis yang kreatif. Teknik bukanlah tentang bagaimana menurunkan rumus, tetapi bagaimana mengaplikasikan ilmu dan rumus yang ada menjadi sesuatu yang bermanfaat. 

Itulah 5 kutipan menarik yang menginspirasi para pegiat dunia teknik, baik sebagai praktisi maupun akademisi. Kutipan mana yang paling Anda sukai?

About the author

Kirana. Penulis