Automasi dalam Kehidupan Sehari-Hari (1)

Pelampung Air

Aplikasi automasi tidaklah dicita-citakan untuk  kegiatan industri semata, tetapi untuk segala lini kehidupan, termasuk rumah tangga. Automasi diharapkan juga dapat membantu aktivitas para penghuni rumah. Dengan demikian, para penghuni tidak perlu harus selalu menangani aktivitas di dalam rumah tangga menggunakan tangan sendiri. Serahkan saja pada sistem dan nikmati hasilnya. Berikut inilah peralatan automatis yang sering ditemui dan memudahkan aktivitas rumah tangga.

1. Penanak nasi automatis

Saat ini, Anda tidak harus menunggui kompor, mengaduk, ataupun menengok isi panci secara berkala untuk menanak nasi. Dengan penanak nasi automatis, Anda cukup memasukkan beras serta air sesuai takaran, menghubungkan alat dengan sumber listrik, lalu menekan tombol penanak nasi. Selanjutnya, penanak nasi automatis akan memasak beras sampai menjadi nasi. Tidak perlu takut gosong karena tidak diaduk, tidak perlu takut gosong karena beras dimasak terlalu lama. Ketika nasi telah matang, alat penanak nasi akan mati secara automatis dan beralih fungsi menjadi penghangat nasi. Nasi hangat pun siap untuk disantap.

2. Mesin cuci automatis

Teknologi mesin cuci sudah semakin canggih saja. Mesin cuci tidak lagi hanya berfungsi sebagai pengering baju ataupun sekadar memutar pakaian di dalam air keruh. Saat ini, teknologi mesin cuci semakin mempermudah aktivitas mencuci baju di dalam rumah tangga. Cukup masukkan pakaian kotor dan deterjen ke dalam mesin, hubungkan mesin dengan sumber listrik, tekan tombol-tombol yang diperlukan sedari awal, dan pakaian akan tercuci secara automatis. Anda tidak perlu lagi memonitor jumlah air yang masuk atau berkali-kali memencet tombol setiap kali akan mencuci, membilas, atau mengeringkan baju. Air kotor yang sudah tidak terpakai pun dibuang secara automatis.

3. Pelampung air

Pada sebagian rumah tangga di Indonesia, sebelum air keluar melalui kran air, air biasa disedot dari tanah menggunakan pompa, lalu ditampung di tangki terlebih dahulu. Akan sangat merepotkan jika Anda harus mengecek isi tangki secara berkala untuk memutuskan kapan harus menyalakan pompa. Ada kalanya Anda lula sehingga tangki terlanjur kosong sebelum diisi atau bahkan luber saat pengisian. Dengan instalasi pelampung air, pompa akan automatis menyala saat isi tangki mencapai ketinggian tertentu. Demikian pula, pompa akan automatis mati ketika tangki telah penuh. Pelampung air merupakan sitem automasi yang dirancang secara mekanik (tanpa pemrograman).

Ketiga hal di atas biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Saking biasanya, tidak sedikit orang yang luput menyadari bahwa ketiga alat tersebut merupakan aplikasi sistem automasi. Masih banyak aplikasi autmasi lain di sekitar kita. Beberapa di antaranya akan disebutkan pada unggahan selanjutnya, insyaallah.