Mesin-Mesin Cerdas Menjawab Tantangan Pengemasan

iTRAK – Sumber: Rockwell Automation

Kecepatan, biaya, dan efisiensi merupakan pertimbangan utama dalam menerapkan automasi di dalam industri. Dengan batasan tersebut, automasi dalam bidang pengemasan menunjukkan daya tarik yang mengagumkan. Pasalnya, hampir setiap produk komersial memerlukan pengemasan.

Dalam PACK EXPO International terakhir, pengunjung mempelajari betapa automasi pada mesin-mesin pengemas mempertinggi fleksibilitas mesin sehingga alur produksi menjadi lebih pendek dan jangkauan produk semakin luas. Sebagai contoh, dalam pameran yang diselenggarakan setahun sekali ini, Rockwell Automation memamerkan sistem iTRAK. Sistem ini dapat menggantikan mekanisme tradisional dalam pengemasan. Dengan menekan satu tombol saja pada iTRAK, pengemasan akan berjalan secara cepat. Pengguna tidak perlu mengganti peralatan apa pun untuk mengoperasikan mesin ini dengan baik. Kinerja iTRAK semakin teroptimasi karena mesin ini juga melakukan pembelajaran ketika mesin bekerja. Dengan demikian, mesin pun dapat melakukan konfigurasi ulang secara mudah.

Pengunjung juga dapat melihat dan mendengar kemutakhiran aplikasi-aplikasi IoT untuk industri. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu mendongkrak produktivitas, menghemat waktu, dan memperkecil risiko.

Terdapat berbagai kategori aplikasi yang dapat ditemukan oleh pengunjung. Di antaranya, terdapat aplikasi-aplikasi analisis yang terukur. Aplikasi-aplikasi ini dapat memengaruhi pengetahuan pekerja terhadap mesin atau proses dan diselaraskan dengan keluaran yang spesifik.

Berbagai teknologi dan inovasi automasi dapat membuat berbagai mesin operasi saling terhubung melalui jaringan informasi. Presentasi-presentasi pada PACK EXPO International pun fokus melakukan edukasi bahwa pengguna produk-produk automasi pengemasan dapat melakukan pengamanan terhadap operasi-operasi pengemasan mereka yang saling terhubung.

Sumber: Automation World