S7-1500 – PLC dengan LCD Display dari Siemens

s7-1500_TIA-portal

PLC menjadi kubutuhan utama sebuah mesin untuk saat ini. Sehingga memacu pabrikan untuk membesut sebuah PLC dengan bermacam-macam pilihan range disesuaikan dengan besarnya kebutuhan mulai skala kecil hingga skala besar. Tentu akan bervariasi juga harga yang ditawarkan. Dengan menyesuaikan kebutuhan maka pastinya bertujuan untuk efektifitas harga.

S7-1500, menjadi produk baru selanjutnya dari Siemens setelah S7-1200 dengan kelebihan bisa terintegrasi dengan TIA Portal, yang sudah teruji meningkatkan efisiensi waktu pemrograman, dengan kemudahan dan antar muka yang intuitif.

s7-1500_error_diagnosticSistem modular yang ditawarkan oleh S7-1500 meliputi sebuah CPU, modul IO, power supply, dan modul komunikasi. Yang baru dari S7-1500 adalah berupa display LCD pada CPU, dimana terdapat menu Diagnostic, Setting, Device, Display, dan Overview. Overview adalah halaman resume dari PLC. Bila terjadi error di CPU atau hardware dan-lain-lain, akan tampil di halaman Overview. Setting berisi diantaranya mengkonfigurasi alamat IP untuk masing-masing port, jam dan tanggal, proteksi, run/stop, dll . Display untuk mengatur bahasa, kecerahan LCD, energy saving, dan-lain-lain.

S7-1500 menawarkan performa yang tangguh, kecepatan memproses sinyal dengan respon cepat. Untuk mendukung proses sinyal yang cepat, disokong oleh backplane baru dengan baud rate yang tinggi dan protokol transfer yang efisien. Juga dilengkapi dengan 3 port PROFInet, 2 port untuk field process dan1 port untuk terhubung dengan jaringan perusahaan. Juga status CPU yang bisa ditampilkan dengan peramban internet standar, dengan adanya web server terintegrasi.

S7-1500 juga terintegrasi dengan TRACE, dimana drive dan motion bisa didiagnosa dengan presisi. Fungsi kontrol motion juga disupport untuk membaca posisi dan kecepatan sebuah motor atau sumbu.

s7-1500_securityKeamanan yang terintegrasi. Know How Protection merupakan keamanan standar dari PLC seri S7. Pada PLC ini juga terdapat fitur Copy Protection, dimana program pada kartu memory terhubung dengan nomor seri kartu memori, dalam hal ini tidak dapat disalin, dan hanya akan berjalan pada kartu memori tersebut. Fungsi proteksi akses juga akan menjaga program dari perubahan oleh pihak yang tidak berwenang.

Built-in layar LCD untuk melihat secara detail status dari CPU, juga untuk melakukan seting parameter. Konektor depan untuk terminal kabel didisain untuk mempermudah dan mempercepat dalam penyambungan kabel. Ruang dibalik tutup IO modul juga cukup lega, seandainya menggunakan kabel besar untuk koneksi. Menambah IO juga bukan merupakan masalah karena CPU ini bisa ditambahkan IO dengan menambah ET200MP.

Pemrograman untuk S7-1500 menjadi sempurna dengan dukungan TIA Portal V12, sebuah aplikasi dengan antarmuka yang intuitif. Pemrograman yang efisien, dengan pengerjaan yang semakin mudah dan peningkatan kualitas.

Foto: siemens.com