Internet Masih Belum Banyak Pengaruhi Dunia Industri

iic

Internet telah mempengaruhi berbagai bidang kehidupan kita. Jika dulu, ketika kita masih kecil, mungkin kita akan menunggu waktu tertentu untuk menonton acara TV kesayangan kita. Kita juga menggunakan telepon untuk berkontak komunikasi dengan teman, atau bahkan langsung berjalan menuju rumahnya untuk bertemu langsung. Sekarang, kita tinggal melakukan streaming atas acara apapun kapan saja kita mau dan juga berkomunikasi dengan teman setiap saat menggunakan smartphone. Tidaklah sulit untuk mencari bukti efek internet di keseharian kita. Namun tahukah Anda jika internet belum begitu berpengaruh pada bidang industri?

Di bidang discrete manufacture, pemograman controller masih dilakukan dengan cara yang sama seperti pada tahun 1980-an. Demikian juga pada bidang listrik, pembangunan jaringan masih sama saja dengan yang dilakukan pada 65 tahun yang lalu. Di industri penerbangan pun, data performa jet masih diambil secara manual.

“Tidak, internet tidaklah mengubah segalanya. Masih banyak yang harus digarap,” kata Richard Soley, direktur eksekutif Industrial Internet Consortium (IIC). “Terdapat jurang pemisah antara sistem internet dan sistem manufaktur.” Lebih lanjut, Soley memberikan pemahaman tentang Industrial Internet of Things (IIoT) ini saat menjadi keynote speaker dalam The Automation Conference yang diselenggarakan oleh Automation World pekan ini di Chicago.

Di sinilah, IIC hadir sebagai jembatan antara kemampuan internet saat ini dengan standar industri. Dalam hal ini, IIC tidak berkonsentrasi pada teknologi tapi pada hasil bisnis. “Yang kita cari adalah perubahan transformasional,” terang Soley. “Perkara ini benar-benar sangat sulit, dan ini semua adalah tentang kepemimpinan.”

About the author

Penulis lepas dan editor buku yang menyukai teknologi dan matematika. Latar belakang dari bidang Teknik Elektro memberikan warna khas pada tulisan-tulisannya. | Instagram: @kirana.kirei