Seting Parameter Inverter ACS355 untuk Start Stop Sederhana

ACS355 by ABB

ACS355 by ABB

Kembali meneruskan seri tulisan sebelumnya yang berkaitan dengan inverter ACS355. Sebelumnya tentang pengenalan secara terhadap umum terhadap produk ini. Selanjutnya adalah tentang instalasi inverter ACS355, yaitu wiring diagram, dan kelengkapan apa saja untuk mendukung sistem, seperti relay, push button. Dan untuk tulisan ini akan kami angkat set parameter inverter ini.

Untuk membuat inverter bekerja sesuai yang kita inginkan, koneksi kabel saja tidak cukup. Ada hal-hal lain yang mengharuskan untuk merubah parameter di dalam inverter itu sendiri. Misalnya berhubungan dengan rate motor, maka data spesifikasi motor harus disamakan dengan parameter data motor di inverter. Seperti daya, ampere/arus nominal, rpm, pole, dll. Nanti ada juga seting limit frequensi, arus/ampere dll, yang berfungsi sebagai proteksi terhadap motor.

Langkah2

1. Sesuaikan Inverter dengan Data Motor

Untuk mempermudah saat memasukkan data, silakan difoto nameplat motor dahulu. Buka grup parameter 99 khusus untuk menginput data motor.

Lalu masukkan data motor pada parameter

9905 untuk voltase motor

9906 untuk arus nominal motor

9907 untuk frekuensi motor

9908 untuk putaran nominal motor

9909 untuk daya motor nominal

2. Start Stop Motor

Dalam praktek kali ini control untuk start stop motor diambil dari terminal DI1. Sedang referensi speed diambil dari keypad. Maka parameter yang harus diset adalah:

1001  ==> 1

1 maksudnya adalah untuk start motor DI1 harus mendapat 24VDC (kontak close) dan untuk stop motor harus 0 (kontak open). Kontak open dan close ini didapat dari relay yang sudah dikonek ke inverter ACS355 (lihat postingan sebelumnya).

3. Speed Source

Speed source atau setpoint kecepatan putaran bisa didapat dari bermacam-macam sumber, misalnya keypad, analog input, filedbus, atau kombinasi dari beberapa input tersebut. Karena tema kita didepan adalah rangkaian sederhana, maka sumber setpoint diambil dari keypad. Parameter yang harus diset adalah.

1101 ==> 1

1 maksudnya adalah set diambil dari keypad

Demikian cara seting parameter inverter ACS355 untuk fungsi start stop dengan pengaturan kecepatan via keypad/operating panel, secara sederhana.