Bagaimana Mengkalibrasi Nol (Zero) Cerabar S

Cara Zero Kalibrasi Cerabar S

Cara Zero Kalibrasi Cerabar S

Saat kita membeli sebuah Pressure Transmitter dalam hal ini sebuah Cerabar S, memang sudah dikalibrasi sebelumnya oleh pabrikan. Tapi ada kemungkinan terjadi deviasi nilai. Mudahnya saat menempatkan instrument dalam kondisi tanpa tekanan (dalam kondisi tekanan 1 atm) seharusnya nilainya 0 mbar, tapi bisa jadi, seperti pengalaman kami, nilai sudah terbaca -4.9 mbar. Zero saja yang terjadi perubahan. Sedang range atau span harusnya tidak berubah.

Hal yang menyebabkan terjadinya perbedaan zero salah satunya adalah tekanan atmosfer di masing-masing wilayah berbeda. Antara lain perbedaan ketinggian dari suatu wilayah terhadap permukaan air laut dan juga perbedaan lokasi, tropis, sub tropis, kutub. Juga dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban. Oleh sebab itu tekanan udara sangat bervariasi diperbagai belahan bumi. Maaf jadi kebanyakan intermezo.

Kembali ke tema awal. Bagaimana cara menzero sebuah Cerabar S. Tentu sebelum proses kalibrasi ini. Instrument harus sudah di komisioning sebelumnya. Pemasangan pada flange sudah fix, koneksi kabel di PLC dan di intrument sudah sesuai dengan manual. Sehingga saat dinyalakan sistemnya, instrument bisa menampilkan angka normal. dalam artian tidak error.

Selanjutnya akan tampil nilai tekanan atm. Dalam contoh yang kami uji. Ketika dinyalakan angka sudah menunjukkan -4.9 mbar. Untuk melakukan zeroing. Langkah-langkahnya sbb:

  1. Buka tutup depan, dengan memutar berlawanan arah jarum jam.
  2. Tekan E (Enter) satu kali.
  3. Pilih QUICK SETUP dengan menekan tombol (-) dua kali lalu tekan E (Enter)
  4. Tampil POS ZERO ADJUST, pilih CONFIRM dengan menekan (+) lalu tekan E (enter)
  5. Selanjutnya pilih ABORT dengan menekan E (enter)
  6. Lalu akan tampil nilai range minimum, masukkan nilai sesuai kebutuhan lalu tekan E (enter)
  7. Lalu tampil nilai range maksimum, masukkan nilai sesuai kebutuhan lalu tekan E (enter)
  8. Akan tampil DAMPING VALUE, masukkan angka sesuai kebutuhan, atau biarkan bila memang standar 2 detik sudah cukup. Tekan E (enter) sekali lagi akan kembali ke halaman awal.

Cara tersebut hanyalah untuk zeroing saja, tanpa merubah span. Untuk merubah span, diperlukan pengetahuan dan keahlian khusus, dan juga alat-alat yang mencukupi untuk melakukan kalibrasi. Sekelumit informasi tentang kalibrasi pressure transmitter bisa di baca di posting: Kalibrasi Pressure Transmitter.

 

Video cara kalibrasi zero

Demikian semoga bermanfaat. Silakan bila akan berkomentar atau mungkin ada masukan dengan menulis di kolom bawah…