Para Supplier Bergabung, Ciptakan Platform Standar untuk Sensor IoT

M2_COM_BrochureKetika berbagai inovasi Internet of Thing (IoT) di dunia industri telah semakin kompleks, tiba saatnya untuk melakukan standarisasi agar setiap perangkat IoT dapat digunakan di mana saja sesuai keperluan penggunanya. Advantech, Texas Instrument (TI), Sensirion, ARM, dan Bosch Sensortec adalah beberapa supplier yang memberikan perhatian terhadap masalah standarisasi ini. Mereka, sebagai para supplier pembuat modul dan sensor, bergabung dan memberikan perhatian yang lebih khusus untuk standarisasi dan penyebaran sensor untuk IoT.

“Pengumpulan data akan menjadi satu dari tantangan-tantangan utama untuk IoT. Sensor, teknologi nirkabel, dan embedded computing akan menjadi tiga kemampuan mayor yang utama untuk akuisisi data. Hal tersebut juga merupakan alasan mengapa Advantech bekerja dengan sangat dekat dengan partner-partner industri, yaitu untuk mendefinisikan standar terbuka dari M2.COM,” tutur Miller Chang, wakil presiden dari Advantech Embedded Computing Group. “Dengan standarisasi ini, kami menargetkan M2.COM akan mempercepat penyebaran piranti sensor IoT.”

Platform sensor M2.COM dilandasi oleh bentuk terstandarisasi dan termodular yang menggabungkan sensor, embedded system dan kemampuan networking. Modularitas dari sensor membuatnya lebih mudah untuk mendukung aplikasi-aplikasi lain, termasuk untuk ekspansi IoT. Menurut Zach Shelby, wakil presiden dari divisi marketing untuk bisnis IoT ARM “Sebuah perhitungan industri berbasis standar dan format sensor adalah kunci untuk memenuhi perubahan permintaan pada pasar IoT.”

Adapun direktur manajemen produk Sensirion, Pascal Gerner, menegaskan bahwa pengumpulan data serta pembuatan piranti-piranti dan sistem cerdas secara sempurna hamya akan memajukan IoT jika mereka sanggup untuk saling bekerja sama atau saling berkomunikasi satu sama lain.

About the author

Penulis lepas dan editor buku yang menyukai teknologi dan matematika. Latar belakang dari bidang Teknik Elektro memberikan warna khas pada tulisan-tulisannya. | Instagram: @kirana.kirei