Strategi Upgrade Otomasi Emerson, Mungkinkan Upgrade Tanpa Downtime

Whiting, Ind.

Whiting, Ind.

British Petrolium (BP) menargetkan kenaikan kapasitas produksi minyak mentah hingga empat kali lipat melalui salah satu kilangnya di Amerika Serikat, Whiting Ind. Untuk itu, sejak setahun terakhir, BP menggelontorkan dana hingga miliaran dolar dan menggandeng Emerson Process Management. Bersama Emerson, BP akan melakukan upgrade pada sistem kendali proses untuk dua unit cairan cracker catalyst. Cairan ini merupakan bahan utama untuk menghasilkan bensin dengan kadar oktan yang tinggi.

Pada umumnya, di dunia industri, proses upgrade kemampuan mensyaratkan dilakukannya downtime pada proses produksi. Sebagai pemasok utama untuk wilayah Midwest dan beberapa daerah lain di Amerika Serikat, maka penting bagi BP agar dapat memastikan bahwa kilang tetap dapat beroperasi sementara proses upgrade dilakukan. Berbekal pengalaman-pengalamannya sebagai kontraktor otomasi utama, Emerson memberikan optimisme bahwa mereka akan dapat membantu BP untuk mengelola risiko penjadwalan dan biaya projek. Presiden Emerson Process Management, Steve Sinnenberg, menjamin bahwa mereka akan membantu proses upgrade tanpa downtime yang tidak diharapkan. Emerson menawarkan keuntungan yang signifikan bagi para pelanggan yang bergantung pada pasokan bensin yang dapat diprediksikan.

Strategi yang digunakan Emerson adalah penggunaan Delta-V sebagai sistem kendali distribusi (DCS) untuk menangani cracker catalyst yang pertama. Diagnosis yang diberikan Delta-V dapat membantu BP untuk mendeteksi masalah dengan baik, sebelum terjadi gangguan proses operasi yang tidak diinginkan. Hal ini akan menghemat uang dan meningkatkan efisiensi.

Adapun, untuk cracker catalyst kedua, Emerson menggabungkan Delta-V dengan Safety Information System (SIS). Gabungan antara sistem kendali dan keamanan ini akan memastikan proses operasi dan teknis kilang berjalan normal, serta akses diagnosis yang lebih luas ke seluruh unit. Proses  upgrade otomasi selengkapnya juga melibatkan Fisher dan Rosemount.*

Keterangan: *Berturut-turut, katup-katup kontrol dan perangkat-perangkat pengukuran keluaran Emerson.

Sumber: Automation World